.

Untuk Menjemput Habib Rizieq Pulang, Kapolda Akan Memakai Cara Saat Menjemput Gayus Tambunan

Untuk Menjemput Habib Rizieq Pulang, Kapolda Akan Memakai Cara Saat Menjemput Gayus Tambunan

Berita Terdalam - Tersangka kasus chat pornografi, Habib Rizieq Syihab masih belum kembali ke Indonesia. Berulang kali pimpinan Front Pembela Islam (FPI) itu diminta kooperatif mengikuti prosedur hukum.

Sejumlah rencana disiapkan oleh kepolisian. Pengajuan red notice gagal karena ada klausul hanya pasal-pasal tertentu yang bisa diajukan. Kasus Rizieq dianggap tak masuk kategori.

Kapolda Metro Jaya Irjen M. Iriawan punya skema lain. Dia teringat dengan kasus Gayus Tambunan, 2010 lalu. Gayus merupakan tersangka kasus mafia pajak Rp 25 miliar.

Saat itu Iriawan menjabat Wakil Direktur Keamanan Trans Nasional Bareskrim Mabes Polri, dengan pangkat brigadir jenderal. Bersama dengan Wamenkum HAM Denny Indrayana, Iriawan berhasil membawa pulang Gayus dari Singapura ke Tanah Air.

Pengejaran kala itu dilakukan secara matang karena Indonesia tak memiliki perjanjian ekstradisi dengan Singapura. Selama tiga hari Gayus sudah dikuntit. Paspornya juga sudah dibekukan.

Menurut mantan Kapolda Jawa Barat ini, cara itu bisa dilakukan untuk memulangkan Habib Rizieq dari Saudi Arabia. "Alternatif, imigrasi bisa mengeluarkan namanya pencabutan paspor apabila diminta oleh kita," ujar Iriawan di Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (16/6).

Nantinya, terang Iriawan, penyidik mengirim pengajuan pencabutan paspor ke pihak imigrasi. Kemudian imigrasi akan mengeluarkan satu SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor).

"Kembali dari negara asal ke Indonesia, seperti Gayus Tambunan waktu saya jemput itu. Nah kita masih kaji itu," ungkapnya.

Selain itu, alternatif lainnya, lanjut Iriawan, dengan penerbitan blue notice serta ada kerja sama police to police. Dia mengatakan sudah ada nota kesepahaman dengan polisi di Saudi.

"Kerja sama antara kepolisian Indonesia dengan Saudi Arabia. Nah itu ada. Kemarin Pak Kapolri dengan Kepala Kepolisian Saudi Arabia sudah menandatangani MoU di Bogor," pungkasnya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Untuk Menjemput Habib Rizieq Pulang, Kapolda Akan Memakai Cara Saat Menjemput Gayus Tambunan"

Post a Comment